Jumat, 28 Maret 2014

Sejarah MAN Pakem Sleman


Madrasah Aliyah Negeri Pakem sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 1992 Tanggal 27 Januari 1992 berasal dari PGA Negeri Pakem yang sebelumnya bernama PGAP (Pendidikan Guru Agama Tingkat Pertama) yang didirikan di bawah naungan sebuah yayasan HMI Pakem dan kemudian dinegerikan pada tahun 1968.
PGAP didirikan pada tahun 1958 di Dusun Sempol Desa Pakembinangun oleh delapan orang. Latar belakang didirikannya adalah  untuk pengembangan umat Islam karena pada waktu itu umat Islam masih sedikit, terbukti satu-satunya masjid di Pakembinangun adalah Masjid Labasan Pakem adalah bekas pendudukan Belanda.
PGAP pada waktu itu menggunakan rumah tinggal Bp. Muhammad (Mudin/Kabag Agama) Desa Pakembinangun, kemudian dipindahkan di Dusun Cepit Desa Harjobinangun (sekarang rumah Bp. Drg. Andono) hingga dinegerikan menjadi PGA Negeri Pakem pada tahun 1968.
Oleh karena perkembangan PGA Negeri Pakem kian bertambah pesat dan jumlah siswanya makin banyak, akhirnya dipindahkan di Dusun Pojok menggunakan Tanah Kas Desa Harjobinangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar